Indahnya Hutan Ampupu Kebesani




            Hutan Ampupu di Desa Kebesani Kecamatan Detukeli, Ende, Flores, NTT setiap hari selalu diselimuti kabut putih. Rimbunan pohon ampupu yang sangat lebat dan berumur cukup tua itu menjadi obyek wisata baru warga Kabupaten Ende dan sekitarnya. Dituturkan oleh sebagaian orang bahwa hutan ampupu Kebesani yang saat ini ditata indah dan dijadikan obyek wisata favorit, sebelumnya hanya sebagai tempat persinggahan para pejalan kaki maupun pengendara melepas lelah sejenak. Saat ini tempat tersebut sangat ramai dan banyak dikunjungi oleh masyarakat kota Ende dan dan wisatawan.
Seorang wisatawan lokal sedang mengabdikan momen kunjungannya di Hutan Ampupu Kebesani, Detukeli, Ende  
           Suasana disekitar Hutan Kebesani teduh dan sangat menggairahkan para pengunjung. Indah sunyi dan teduh menjadi kesempatan bagi para penulis bermenung untuk mencari insprasi. Ditemui beberapa fotografer ditempat tersebut, mereka mengungkapkan bahwa tempat tersebut bukan saja tempat wisata tetapi lebih dari itu tempat untuk mengabdikan segala momen yakni foto prawedding, dan tempat bernostalgia bagi kaum muda-mudi.
        Hutan Kebesani ditempuh dalam waktu 2 jam, namun kondisi jalan sangat memprihatinkan. Sangat disayangkan pada musim hujan, para pengendara mesti lincah karena struktur tanah yang mudah longsor dan berlumpur. Dianjurkan agar para wisatawan atau pengunjung mengunakan kendaraan roda 4 atau mobil bila ingin berkunjung ke sana.
            Hutan ampupu Kebesani akan selalu menginspirasi anda dengan bentangan kabut putih seakan menambah romantisme di wilayah tersebut menjadi lengkap. Pasangan kekasih memadu cinta, sedangkan pasangan keluarga berfoto sambil menikmati desau angin yang datang membelai di bawah teduhan rimbunan pohon ampupu diselimuti kabut putih.
            Dilokasi tersebut juga belum tersedia fasilitas seperti tempat parkir, toilet dan rumah (lopo) untuk berteduh pada saat musim hujan. Bila ingin ke sana pengunjung mesti melihat kondisi alam yang bersahabat. Tempat wisata di wilayah kabupaten Ende cukup banyak, namun pengelolaan tempat pariwisata dinilai belum maksimal.      
         Diharapkan agar pemerintah setempat bisa memperhatikan tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dan dikelola dengan baik untuk menjadi pemasukan daerah. Infrastruktur menuju tempat wisata mesti diperbaiki agar memudahkan wisatawan yang berkunjung ke sana.*** (Vinsen Polli, Kontributor WF Ende)

1 comment: