Geliat Literasi di Taman Baca Ila One Nua Detupau



Potret nak-anak TB ION Detupau sedang melakukan kegiatan membaca di alam terbuka 
    


       Geliat literasi di Taman baca Ila One Nua (ION) Detupau merupakan upaya membudayakan kehidupan membaca dan meningkatkan minat baca generasi muda di Kampung Detupau. Taman Baca Ile One Nua atau yang lebih kenal dengan TB ION terdapat di Kampung Detupau, Desa Likanaka, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Flores-NTT.
         TB ION berdiri sejak 9 Juli 2015 berdasarkan niat baik dan dengan membangun SDM di Dusun sejak  dini atas inisiatif seorang pemuda kampung Detupau Vichar Laka.  Saat ini anggotanya TB ION Detupau berjumlah 30 orang anak dari kampung Detupau.
Vichar Laka Kordinator/Pendiri TB ION Detupau
          Gerakan literasi di Kampung Detupau berawal dari sebuah tekad dari sosok pemuda sederhana Vichar Laka untuk membumikan literasi di kampung halamannya yang jauh dari akses informasi dan komunikasi secara cepat. 

          Geliat Literasi di TB ION Detupau berjalan sangat efektif dikordinasi TB ION Detupau Vichar Laka. TB ION Detupau terdapat di pedalam Kabupaten Ende yang sulit diakses, namun dilihat dari segi kreasi dan semangat TB ION Detupau merupakan salah taman baca teladan bagi taman baca lainnya di Kabupaten Ende. Antusiasme dan semangat anak-anak di kampung Detupau tampak dalam keterlibatan kegiatan literasi.
          Setiap hari ia bersama anak-anak Dusun Detupau melakukan kegiatan literasi membaca, menggambar dan bercerita bersama anak-anak usia SD hingga SMA. Vichar Laka menuturkan bahwa selain kegiatan literasi dirinya berkreasi di alam bebas agar anak-anak menemukan diri mereka dan berekspresi. Hal itu bisa dalam pemotretaan pemadangan alam.
          “Lebih banyak kegiatan bersama sehingga salah satu nilai yang ditanamkan kepada generasi muda di kampung Detupau adalah  membangun kerja sama. Anggota TB ION juga terlibat dalam kegiatan di Gereja dan kegiatan sosial dalam masyarakat,” tutur Alumnus PGSD Universitas Flores.
          “Bukan hanya menuntun adik-adik untuk terlibat dalam kegiatan membaca namun berkreasi juga. Menggali permainanan-permanianan tradisional di kampung yang mungkin sudah dilupakan di wilayah perkotaan,” tambah Vichar.
          Panorama Alam di Kampung Detupau yang masih sangat natural Vichar Laka bersama kelompok TB ION melakukan kegiatan di alam bebas sebagai salah satu bagian dari kegiatan literasi di TB ION yakni melakukan pemotretan (fotograrafer).
          Pendiri juga Kordinator TB ION Detupau Vichar Laka menyampaikan bahwa pada saat liburan sekolah dirinya mengumpulkan pelajar dan mahasiswa dan membentuk Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Detupau. Di dalam kelompok ini dirinya mendorong kelompok ini untuk mewujudkan gerakan sosial yakni pembersihan lingkungan perkampungan dan gereja. Pada saat perayaan besar seperti Natal dan Paskah kelompok ini turut mengambil bagian dalam gereja seperti tanggungan liturgi (kor).
          TB ION di Kampung Detupau terletak sangat jauh dari Ibu Kota Kabupaten Ende dan Ibu Kota Kecamatan Wolowaru. Namun, dari segi kreativitas dan semangat TB ION mendapat apreseasi dari banyak pihak. Apreseasi itu merupakan komitmen untuk mengelola dan memberdayakan geliat literasi di kampung halamanya. TB ION cukup dikenal di kelompok Taman Baca seindoensia karena kegiatan literasi di taman baca sering diupload ke media sosial.
          “Kita di Detupau cukup bergeliat, tetapi kurang publikasi karena kita jauh di Kampung. Antusiasme dan semangat adik-adik mendorong saya untuk membangun kerja sama dengan kelompok taman baca lain untuk pengelolaan yang lebih baik,” katanya.
          Akses transportasi menuju kampung Detupau sangat sulit dan memprihatinkan. Pada saat dirinya mendapat kriman buku dari Jawa dirinya dengan motor berkeringat bersusah payah memgangkut buku-buku yang ke TB One Nua dari Ibu Kota Kecamatan Wolowaru.
          “Kadang orang menyebut saya seperti orang gila, tetapi saya tidak peduli. Bagi saya adalah membuat generasi di kampung ini menjadi cerdas.
          Vichar Laka sebagai Kordinator TB ION Detupau pada beberapa waktu lalu pernah diundang untuk memberikan testimonium terkait pengelolaan taman baca di Detupau. Tetapi dirinya tidak hadir karena jarak tempuh dari kampung Detupau ke kota Ende sangat jauh.
          Vinsen Sangu salah seorang pemateri dalam seminar literasi yang diadakan Dinas Perputakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten kerja sama Cocacola Foundation seminar literasi sangat mengapreseasi Vichar Laka yang begitu baik mengelola Taman Baca Ila One Nua sehingga menjadi contoh bagi taman baca lain di wilayah Kabupaten Ende. (Vinsen Polli, Kontributor WF Ende)

No comments